Profile PLT 83

Kampus Kesehatan, IIK Bhakti Wiyata (IIK BW) Kediri sebagai kampus kesehatan pertama di Indonesia yang diakui oleh MURI terus berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Timur. Hal ini telah dibuktikan dengan berdirinya Pusat Layanan Tes (PLT 83 IIK BW) yang bekerjasama langsung dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) sejak tanggal 22 Agustus 2019 lalu. Sebagai bagian dari PLTI, PLT 83 IIK BW siap menjadi tempat penyelenggaraan tes TOEP (Test of English Proficiency) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA). Perlu diketahui, dari sepuluh PLT yang tercatat di Jawa Timur, hanya dua PLT yang berada di Perguruan Tinggi Swasta. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata menjadi satu-satunya PLT yang ada di wilayah Karisidenan Kediri, Madiun dan Bojonegoro setelah sebelumnya hanya terdapat di Surabaya dan Malang saja itupun juga di perguruan tinggi negeri.

PLTI merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang tes kemampuan bahasa Inggris (TOEP) dan tes potensi akademik (TPDA) yang dimiliki oleh dua organisasi profesi berskala nasional, yakni TEFLIN (The Association for the Teaching of English as a Foreign Language in indonesia) dan HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia). TOEP dan TPDA telah digunakan di Indonesia terutama oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu tes ini juga banyak digunakan untuk mendukung syarat dari:

  • Pengajuan beasiswa
  • Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Rekrutmen karyawan atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Sertifikasi dosen.
  • Mengurus Nomor Induk Nasional Dosen (NIDN) dan keperluan pribadi lainnya.

Tes dilakukan menggunakan komputer multimedia dan massal dengan administrasi penyelenggaraan yang ringkas dan andal serta pelaporan hasil tes yang cepat dan efisien. Selain dilengkapi fasilitas mumpuni, ruangan tes juga di desain khusus agar tetap nyaman dan menjaga konsentrasi peserta. Dalam satu sesi, PLT 83 IIK BW mampu menampung 50 peserta tes. Selain melayani tes, PLT 83 juga menyediakan bimbingan utuk persiapan TOEP dan TPDA.

Adanya PLT83 IIK BW ini diharapkan dapat memfasilitasi dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk melakukan tes mandiri TOEP dan TPDA sesuai kebutuhan mereka di IIK Bhakti Wiyata. Kehadiran PLT 83 Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata di Kota Kediri juga sangat memudahkan calon peserta tes yang berdomisili di wilayah Jawa Timur bagian barat dan sekitarnya, seperti Kediri Raya, Pacitan, Madiun, Ponorogo, Jombang dan juga mengakomodir calon peserta dari berbagai daerah lainnya. Segera info ke rekan-rekan dosen/kerabat/teman Anda untuk mengikuti tes ini di member.plti.co.id

Struktur Organisasi PLT 83